Minggu, 13 Maret 2016

TUGAS ETIKA PROFESI 1

ETIKA PROFESI

1.         1.   Tuliskan karakter-karakter tidak beretika menurut kalian dalam kehidupan sehari-hari (beri 5 contoh dan analisa) ?
Jawaban:
Karakter pertama yaitu suka berbicara kasar di depan umum. Berbicara kasar didepan orang umum jelas tidak sedap untuk didengar oleh orang di tempat umum tersebut. Dianggap tidak beretika karena selain tidak menghargai orang tersebut, juga tidak mempedulikan kondisi lingkungan sekitar yang terdapat orang lain. Orang seperti iini biasanya akan dimusuhi oleh teman sekitarnya karna merasa tidak nyaman dalam pergaulan.
Karakter kedua adalah pemarah. Seringkali seseorang berwatak pemarah dan tidak mampu mengatur emosinya pada tempatnya. Karakter tidak beretika ini bisa muncul karena faktor perilaku dan kebiasaan individu. Faktor lainnya yaitu lingkungan. Suatu lingkungan dapat mempengaruhi orang lain yang berada dalam lingkungan tersebut untuk melakukan hal serupa.
Karakter ketiga, mencuri atau suka mengambil milik orang lain. Orang yang selalu mencari-cari kesempatan disaat orang lain lengah untuk mengambil barang yang bukan miliknya, jelas merupakan salah satu karakter orang sangat tidak beretika dan melanggar norma yang ada.
Karakter keempat, bersikap egois dalam sebuah komunitas atau team kerja. Sebuah tim kerja pastinya membutuhkan kerja sama dan sikap untuk saling bahu membahu, tetapi apabila terdapat satu orang yang tidak mampu bekerja sama, dan memiliki kehendak yang berlawanan dengan pandangan dalam tim kerja tersebut maka hal tersebut dapat membuat tim kerja kacau dan jelas orang tersebut tergolong tidak beretika karena membebani anggota lain karena sifatnya tersebut.
Karakter kelima, melanggar aturan lalu lintas ketika berkendara. Banyak sekali para pemakai kendaraan bermotor yang masih sering menghiraukan aturan dalam berlalu lintas.Hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan bahkan mengancam keselamatan pengguna jalan yang lainnya

2.            2.  Tuliskan aktivitas tidak beretika professional dalam bekerja (beri 5 contoh dan analisa) ?
Jawaban:
5 contoh aktivitas yang tidak beretika professional dalam bekerja, yaitu:
a.     Bekerja dengan tidak bertanggung-jawab, tugas yang diberikan seorang atasan dikerjakan dengan tidak serius atau asal mengerjakan seadanya, sikap tidak beretika profesional ini menyebabkan terhambatnya tujuan perusahaan serta merugikan rekan kerja lainnya karena harus mengerjakan ulang pekerjaan yang ditangani asal-asalan tersebut.
b.      Menghina dan menghujat hasil pekerjaan orang lain karena pekerjaan yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan. Meskipun hasil pekerjaan tersebut mengecewakan, namun kita tidak boleh menghujat atau menghina hasil pekerjaan tersebut. Sebagai pekerja professional menghargai pekerjaan orang lain adalah penting, karena dengan menghargai, kita dapat dihargai.
c.       Tidak mampu bekerja sama dalam melakukan suatu pekerjaan. Hal ini akan berakibat tidak dihargainya seseorang dalam bekerja tim. Walaupun orang tersebut pintar tapi kalau tidak bisa bekerja sama dengan timnya, maka orang tersebut belum berhasil dalam menjalani pekerjaannya.
d.             Tidak mampu menyimpan rahasia perusahaan tempat bekerja, masing-masing perusahaan pasti memiliki rahasianya masing-masing atau memiliki hal yang sifatnya tidak boleh untuk dipublikasikan terutama dalam tujuan untuk bisa terus mempertahankan eksistensi perusahaan tersebut. Apabila seorang pekerja tidak mampu menyimpan kerahasiaan perusahaan tersebut, maka dianggap tidak  memiliki etika professional.    
e.              Berbicara kasar baik kepada atasan maupun bawahan.

3.            3.  Jelaskan pentingnya memahami etika profesi untuk Sarjana Teknik Industri!
Jawaban:
            Etika profesi bagi Sarjana Teknik Industri sangatlah penting karna apabila seseorang tidak memiliki etika yang baik dalam suatu pekerjaannya. Seseorang yang ber-etika akan lebih dihargai oleh lingkungan sekitarnya. Etika menjadi suatu pembeda antara manusia dengan makhluk lain. Manusia memiliki derajat yang tinggi dengan memiliki etika. Etika didapatkan dari cara berfikir seseorang yang sudah terlatih dalam menghadapai hal apapun.
            Seorang Sarjana Teknik Industri harus memiliki etika profesi yang baik dan berwawasan luas. Dalam melakukan pekerjaan, Sarjana Teknik Industri  harus memiliki disiplin dan tanggung jawab yang besar. Sarjana Teknik Industri mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi dan di dalam melaksanakan tugasnya tidak akan melakukan perbuatan yang tidak jujur, mencemarkan atau merugikan sesama rekan sekerja.

4.             4. Jelaskan dan uraikan organisasi profesi yang relevan untuk Prodi Teknik Industri selain PII !
Jawaban:

            Organisasi profesi merupakan kerangka atau sususan jabatan dalam melakukan pekerjaan. Salah satu contohnya yaitu PEI. Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI) merupakan organisasi profesi yang relevan untuk prodi teknik industri. Perhimpunan Ergonomi Indonesia (PEI). adalah organisasi profesi tingkat nasional yangberanggotakan para pakar, pemakai dan peminat ergonomi di berbagai bidang yang bersama-sama berhimpun dalam suatu wadah untuk menggalang kemampuan dalam bidangnya masing-masingmembina Ergonomi baik dalam keilmuan maupun dalam pemakaiannya sehingga potensi Ergonomidalam Pembangunan Nasional dapat lebih digali dan diwujudkan secara nyata. PEI berpusat di bandung dan didirikan oleh peserta Pertemuan Nasional Ergonomi pada tanggal 10 Oktober 1987, bertempat di Gedung Labolatorium Teknologi 111 Institut Teknologi Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar